Kamis, 01 Agustus 2019 - 08:45:50 WIB
Dorong Administrator Tersertifikasi, Pusbang ASN Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis
Diposting oleh : RULY DWI AB
Kategori: Bidang Dikbang Kompetensi Aparatur - Dibaca: 18 kali

Ciawi-Humas BKN, Pusat Pengembangan (Pusbang) ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN Angkatan 22, 23 dan 24. Kegiatan yang menyasar jenjang Administrator ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan pembahasan studi kasus terkait substansi teknis manajemen ASN dan penyusunan rencana tindak lanjut (action plan). Pelaksanaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN ini diperuntukkan bagi 1.500 orang, yang telah dimulai pada 27 Juni 2019 dan akan berakhir pada 8 Agustus 2019, yang dibagi dalam 40 angkatan.

Saat menjadi narasumber dalam Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN yang berlangsung pada Rabu, (31/07/2019) di Ciawi Bogor, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan menyampaikan sejumlah materi perihal pengadaan ASN yang menjadi salah satu poin dari empat belas butir manajemen PNS dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017.

Secara spesifik Ridwan memaparkan beberapa hal tentang dasar hukum pengadaan ASN, konsepsi hingga rekrutmen ASN dan bagaimana memperbaharui soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan standar High Order Thinking Skill (HOTS). Ia memberikan contoh studi kasus soal masih maraknya informasi tentang dokumen palsu tentang pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada peserta pelatihan.

Dalam metode studi kasus ini, Ridwan membagi peserta menjadi dua kelompok dan tiap kelompok akan menghadapi isu kontemporer terkait pengadaan ASN “Dengan studi kasus ini Anda akan mendapatkan pengalaman baru. Anda harus memerankan diri sebagai Panselda atau Panselnas,” imbuhnya. ary/des




0 Komentar :