Jumat, 13 Agustus 2021 - 09:56:48 WIB
PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN SELENGGARAKAN LATSAR CPNS TAHUN 2021
Diposting oleh : RULY DWI AB
Kategori: Bidang Dikbang Kompetensi Aparatur - Dibaca: 273 kali

Pacitan, Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang.

Dasar Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS adalah


Tujuan dari Pelatihan Dasar CPNS ini untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang penyelenggaraan Pemerintahan Negara bidang tugas dan budaya organisasi kepada CPNS agar mampu melaksanakan tugas perannya sebagai pelayan masyarakat

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang.

Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam hal ini telah melaksanakan Pelatihan Dasar Mulai Bulan Juli 2021 sampai saat ini telah melaksanakan 3 Gelombang, tiap – tiap gelombang ada 2 angkatan dengan 1 angkatan sebanyak 40 Orang.

Dengan adanya situasi Pandemi COVID 19 seperti saat ini pelaksanaan Pelatihan Latsar juga menyesuaikan metode pembelajarannya. Metode pembelajaran Latsar CPNS dibagi menjadi 3 antara lain :

  1. KLASIKAL, Pelatihan Dasar CPNS Klasikal yang selanjutnya disebut Pelatihan Klasikal adalah Pelatihan Dasar CPNS yang strategi pembelajarannya sebagian besar dilakukan melalui proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas
  2. BLENDED LEARNING, Pelatihan Dasar CPNS Terpadu yang selanjutnya disebut Blended Learning adalah Pelatihan Dasar CPNS yang dilakukan dengan memadukan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas dengan proses pembelajaran secara daring.
  3. DISTANCE LEARNING, Pelatihan Jarak Jauh yang selanjutnya disebut Distance Learning adalah pembelajaran kolaboratif antara peserta Pelatihan Dasar CPNS dan tenaga pelatihan dengan memanfaatkan sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Lembaga Administrasi Negara dan dikelola bersama dengan lembaga pelatihan pemerintah yang terakreditasi.

Pada saat ini Pelatihan Dasar CPNS telah memasuki Gelombang ke 3, yaitu Angkatan 94 dan Angkatan 95 dengan masing – masing angkatan 40 orang. Pelaksanaan Latsar CPNS tahun ini dilaksanakan dengan Protokol kesehatan yang sangat ketat. Latsar CPNS memasuki tahapan klasikal sehingga harus ada tatap muka dengan widyaiswara. Pelaksanaan klasikan CPNS diselenggarakan di Parai Hotel teleng Ria.




Komentar :

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>